Senin, 25 Mei 2009

Wah! Paus Ternyata Facebooker

Demam Facebook memang tak mampu dihindari semua kalangan. Situs jejaring sosial ini kerap dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas, mulai sekadar pertemanan, penyebarluasan ide, hingga kampanye. Sehingga, tak heran jika kemudian Paus Benediktus XVI kini membuat situs baru yang tersambung ke Facebook.

Situs itu, seperti dilansir BBC, memperbolehkan pengunjung untuk mengunduh aplikasi ke IPhone guna mengakses video dan berita audio mengenai Paus. Seperti dilaporkan Duncan Kennedy dari Roma, ini merupakan langkah terbaru dari Paus untuk memanfaatkan internet bagi penyebaran pesan gereja.

Situs baru itu bernama Pope-2-You dan memiliki koneksi portal Facebook maupun IPhone. “Ini memungkinkan pengguna Facebook untuk melihat foto dan menerima pesan Paus lewat kartupos virtual, dan menciptakan jaringan sosial seputar Paus,” jelas Vatikan.

Namun, Paus tidak mencantumkan profil pribadinya di Facebook. Sebab, Vatikan ingin menjaga citra pemimpin tertinggi umat Katolik itu sebagai pelayan umat, bukan pemimpin umat.

Aplikasi untuk Iphone memberi kesempatan kepada pengguna untuk memantau kegiatan Paus maupun pidato-pidatonya. Gereja mengatakan langkah Paus itu merupakan penyesuaian dengan abad 21, agar komunikasi dengan ummat tetap berjalan lancar.

Hal ini berbanding terbalik dengan sikap Paus sebelumnya. Ia sebelumnya memeringatkan bahwa jejaring sosial di dunia maya bisa membuat orang menjadi obsesif dan mengasingkan diri.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com