Senin, 25 Mei 2009

Pro dan Kontra Facebook

Berbagai media seperti internet dan media televisi ramai membicarakan fenomena pro dan kontra Facebook. Fenomena kontra terhadap Facebook yang pertama kali dilancarkan oleh suatu pihak tertentu menuai protes kalangan pro Facebook.
Kalangan pro Facebook, Julia Perez contohnya mengatakan sebenarnya Facebook itu tidak negatif, semua tergantung pemakainya. Tanggapan Julia ini sangat saya setujui, dimana Facebook itu seperti pisau, yang diciptakan untuk memotong bahan makanan (yang sering disalahgunakan untuk membunuh orang).

Pepatah makin tinggi pohon, makin besar angin yang menerpa saya rasa sangat tepat dengan pro dan kontra Facebook ini. Jika Facebook menjadi salah satu situs jejaring sosial yang sekarang sedang ngetren, saya pribadi berharap situs-situs sejenis Facebook tidak mengurangi sosialisasi kita terhadap sesama. Melainkan cuma memfasilitasi.

Soal pro kontra facebook, Roy Suryo menyikapinya dengan bijaksana. Kata dia, facebook itu halal kalau penggunanya baik. Ketegasan sikap itu yang akhirnya membuat Roy mendukung para artis dan banyak orang yang pro facebook.

"Haram atau tidak haramnya facebook memang bukan kapasitas saya untuk bicara. Tapi, menurut saya pribadi, halal atau haramnya lebih bagaimana penggunanya. Jangan dilihat karena satu kasus, jadi yang lainnya terkena. Masak nila setitik rusak susu sebelenga," jelas pakar telematika, Roy Suryo, kepada INILAH.COM, di Jakarta, Senin (25/5) siang.

Roy dengan tegas menyatakan facebook itu halal, menjadi sepaham dengan para artis atau banyak orang yang pro facebook. Roy berpendapat asalkan penggunanya baik pastinya hasilnya baik.

"Saya setuju dengan artis dan banyak orang yang pro facebook dan menganggap banyak positifnya. Ini jelas halal dan nggak haram. Saya berpikir facebook atau apa pun itu, tetap baik asal difasilitasi atau digunakan dengan baik. Itu yang patut dicermati," ungkap Roy.

Pembicaraan pun disudahi Roy dengan mengatakan, "Yang patut dicermati, adalah pengguna facebook yang arahnya negatif. Biasanya menggunakan identitas palsu. Itu baru yang diharamkan."

1 komentar:

Cinta Fisika mengatakan...

Ok lah klao begitu, sbnrnya Q jg sependpat dngn posting ini, sebnrnya manfaat dan mudharatnya pun sangat banyak, tapi yg pasti jika org yg mnggunkn benar2 untuk menguatkan ukhwah itu sangat bagus, tp jika d gynakan untuk hal yg negatif org ini prlu d tindak.

Template by : kendhin x-template.blogspot.com